Selasa, 19 April 2016

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :    SMP Muhammadiyah 2 Kalasan
Mata Pelajaran           :    Biologi
Kelas/Semester            :   VIII (Delapan)/ 2
Pertemuan                   :    1
Alokasi Waktu             :    2 x 40 Menit

Standar Kompetensi   :    2.   Memahami Sistem dalam Kehidupan

Kompetensi Dasar       :    2.1 Mengidentifikasi Struktur & Fungsi Jaringan tumbuhan

I.     Indikator                 :    - Menjelaskan pengertian jaringan pada tumbuhan
-   Menjelaskan perbedaan jaringan pada tumbuhan
II.  Tujuan                    :    - Siswa dapat menjelaskan pengertian jaringan pada       tumbuhan  
-  Siswa dapat menjelaskan perbedaan jaringan pada tumbuhan melaui gambar dengan tepat
                                           (nilai yang            ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,       Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri,Berorientasi tugas dan hasil.

III.             Materi Ajar
Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan
·         Pengertian jaringan
·         Pembagian jaringan
IV.             Metode Pembelajaran
·         Model Kooperatif (STAD, Student Team Achivment Division)
·         Ceramah- Diskusi-Tanya jawab

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati macam jaringan pada tumbuhan
·        Diskusi mengenai perbedaan jaringan pada tumbuhan
·     Siswa menjelaskan jaringan pada tumbuhan
( Tes tertulis dalam bentuk uraian)

V.           Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x 40 Menit)
                    i.          Kegiatan awal (20 menit)
1.      Guru memberikan salam
2.      Guru menanyakan kabar peserta didik
3.      Guru mengabsen peserta didik
4.      Guru memberikan apersepsi terkait materi yang akan disampaikan
(Guru bertanya kepada siswa ” Sebelumnya sudah pernah belajar organisasi kehidupan? Nah unit terkecil dari organisasi kehidupan adalah sel , sel ini akan berkumpul membentuk apa? ... jaringan yah )
5.      Guru menyampaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar materi yang akan diajarkan, serta indikator yang hendak dicapai

                  ii.            Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa memeperhatikan penjelasan yang disampaikan guru
·         Siswa mengamati gambar yang ditampilkan guru
·         Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi memecahkan masalah

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru meminta siswa  mempersentasikan hasil diskusinya didepan kelas
·         Siswa yang lain diperbolehkan bertanya pada presentator

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
·         Siswa menyelesaikan soal tes yang diberikan oleh guru

                iii.            Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
·         Guru memberikan nasehat pada peserta didik
·         Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam

VI.             Media, Alat/Bahan/Sumber
Media                    : Charta
Alat/ Bahan           : Spidol dan papan tulis
Sumber                  : Buku
·                Karim, Saiful dkk. 2008. Belajar IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departement Pendidikan Nasional
·                Puspita, Diana dkk. 2009. Alam sekitar IPA Terpadu. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·                Syamsuri, Istamar dkk. 2005. Sains Biologi SMP. Malang: Erlangga

VII.          Penilaian

Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Pengetahuan
Penugasan
Tugas disekolah yang dikerjakan secara individu




PENILAIAN  TES URAIAN

Indikator soal
Soal
Kunci Jawaban
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian jaringan
Apa yang dimaksud jaringan ?

Jaringan adalah kumpulan  dari beberapa sel

Peserta didik dapat menyebutkan  jumlah  jaringan pada tumbuhan
Ada berapa jaringan pada tumbuhan ?.Sebutkan !

Jaringan pada tumbuhan terdiri dari 5, diantaranya jaringan meristem , jaringan pelindung, jaringan pengangkut,  jaringan penyokong, jaringan dasar.

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan penyokong
Apa fungsi jaringan penyokong?

Jaringan ini berfungsi sebagai penguat atau penyokong tumbuhan.

RUBRIK PENILAIAN

No
Aspek
Skor
1.
- Penjelasan tepat
- Penjelasan kurang tepat
- Penjelasan tidak tepat
3
2
1
Penilaian  pengetahuan untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus berikut:

           



Mengetahui
Guru Mata pelajaran




Valestien Aiva Rahma. S. Pd
NIP/NIK.                                                                  
Sleman, 08 Maret 2016
Mahasiswa Magang III



Darnia
NIM: 613005

                                   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :    SMP Muhammadiyah 2 Kalasan
Mata Pelajaran           :    Biologi
Kelas/Semester            :    VIII (Delapan)/ 2
Pertemuan                   :    1
Alokasi Waktu             :    2 x 40 Menit

Standar Kompetensi   :    2.   Memahami Sistem dalam Kehidupan

Kompetensi Dasar       :    2.1 Mengidentifikasi Struktur & Fungsi Jaringan tumbuhan

I.     Indikator                 :    - Menjelaskan pengertian jaringan pada tumbuhan
-   Menjelaskan perbedaan jaringan pada tumbuhan
II.  Tujuan                    :    - Siswa dapat menjelaskan pengertian jaringan pada       tumbuhan  
-  Siswa dapat menjelaskan perbedaan jaringan pada tumbuhan melaui gambar dengan tepat
                                           (nilai yang            ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,       Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri,Berorientasi tugas dan hasil.

III.             Materi Ajar
Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan
·         Pengertian jaringan
·         Pembagian jaringan
IV.             Metode Pembelajaran
·         Model Kooperatif (STAD, Student Team Achivment Division)
·         Ceramah- Diskusi-Tanya jawab

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati macam jaringan pada tumbuhan
·        Diskusi mengenai perbedaan jaringan pada tumbuhan
·     Siswa menjelaskan jaringan pada tumbuhan
( Tes tertulis dalam bentuk uraian)

V.           Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x 40 Menit)
                    i.          Kegiatan awal (20 menit)
1.      Guru memberikan salam
2.      Guru menanyakan kabar peserta didik
3.      Guru mengabsen peserta didik
4.      Guru memberikan apersepsi terkait materi yang akan disampaikan
(Guru bertanya kepada siswa ” Sebelumnya sudah pernah belajar organisasi kehidupan? Nah unit terkecil dari organisasi kehidupan adalah sel , sel ini akan berkumpul membentuk apa? ... jaringan yah )
5.      Guru menyampaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar materi yang akan diajarkan, serta indikator yang hendak dicapai

                  ii.            Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa memeperhatikan penjelasan yang disampaikan guru
·         Siswa mengamati gambar yang ditampilkan guru
·         Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi memecahkan masalah

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru meminta siswa  mempersentasikan hasil diskusinya didepan kelas
·         Siswa yang lain diperbolehkan bertanya pada presentator

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
·         Siswa menyelesaikan soal tes yang diberikan oleh guru

                iii.            Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
·         Guru memberikan nasehat pada peserta didik
·         Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam

VI.             Media, Alat/Bahan/Sumber
Media                    : Charta
Alat/ Bahan           : Spidol dan papan tulis
Sumber                  : Buku
·                Karim, Saiful dkk. 2008. Belajar IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departement Pendidikan Nasional
·                Puspita, Diana dkk. 2009. Alam sekitar IPA Terpadu. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·                Syamsuri, Istamar dkk. 2005. Sains Biologi SMP. Malang: Erlangga

VII.          Penilaian

Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Pengetahuan
Penugasan
Tugas disekolah yang dikerjakan secara individu




PENILAIAN  TES URAIAN

Indikator soal
Soal
Kunci Jawaban
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian jaringan
Apa yang dimaksud jaringan ?

Jaringan adalah kumpulan  dari beberapa sel

Peserta didik dapat menyebutkan  jumlah  jaringan pada tumbuhan
Ada berapa jaringan pada tumbuhan ?.Sebutkan !

Jaringan pada tumbuhan terdiri dari 5, diantaranya jaringan meristem , jaringan pelindung, jaringan pengangkut,  jaringan penyokong, jaringan dasar.

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan penyokong
Apa fungsi jaringan penyokong?

Jaringan ini berfungsi sebagai penguat atau penyokong tumbuhan.

RUBRIK PENILAIAN

No
Aspek
Skor
1.
- Penjelasan tepat
- Penjelasan kurang tepat
- Penjelasan tidak tepat
3
2
1
Penilaian  pengetahuan untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus berikut:

           



Mengetahui
Guru Mata pelajaran




Valestien Aiva Rahma. S. Pd
NIP/NIK.                                                                  
Sleman, 08 Maret 2016
Mahasiswa Magang III



Darnia
NIM: 613005
                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar