Selasa, 19 April 2016

Berikut ini adalah  sejarah singkat hari kartini :
Hari Kartini 2015

Baca Juga >> PUISI HARI KARTINI 2015 <<<

“Raden Adjeng Kartini adalah seseorang dari kalangan priyayi atau kelas bangsawanJawa, putri Raden Mas Sosroningrat, bupati Jepara. Beliau putri R.M. Sosroningrat dariistri pertama, tetapi bukan istri utama. Kala itu poligami adalah suatu hal yang biasa.Kartini lahir dari keluarga ningrat Jawa. Ayahnya, R.M.A.A Sosroningrat, pada mulanyaadalah seorang wedana di Mayong.
Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai HajiSiti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Teluwakur, Jepara.Peraturan Kolonial waktu itu mengharuskan seorang bupati beristerikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah bukanlah bangsawan tinggi, maka ayahnya menikahlagi dengan Raden Ajeng Woerjan (Moerjam), keturunan langsung Raja Madura. Setelah perkawinan itu, maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikankedudukan ayah kandung R.A. Woerjan, R.A.A. Tjitrowikromo. Kartini adalah anak ke-5dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Dari kesemua saudara sekandung, Kartini adalahanak perempuan tertua. Beliau adalah keturunan keluarga yang cerdas.
Kakeknya,Pangeran Ario Tjondronegoro IV, diangkat bupati dalam usia 25 tahun. Kakak Kartini,Sosrokartono, adalah seorang yang pintar dalam bidang bahasa.Sampai usia 12 tahun, Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese LagereSchool). Di sini antara lain Kartini belajar bahasa Belanda. Tetapi setelah usia 12 tahun,ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit. Karena Kartini bisa berbahasaBelanda, maka di rumah ia mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-temankorespondensi yang berasal dari Belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya.
Dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa, Kartini tertarik padakemajuan berpikir perempuan Eropa. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, dimana kondisi sosial saat itu perempuan pribumi berada pada status sosial yangrendah. Kartini banyak membaca surat kabar Semarang De Locomotief yang diasuhPieter Brooshooft, ia juga menerima leestrommel (paket majalah yang diedarkan toko buku kepada langganan).
Di antaranya terdapat majalah kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang cukup berat, juga ada majalah wanita Belanda De Hollandsche Lelie.Kartini pun kemudian beberapa kali mengirimkan tulisannya dan dimuat di DeHollandsche Lelie. Dari surat-suratnya tampak Kartini membaca apa saja dengan penuh perhatian, sambil membuat catatan-catatan. Kadang-kadang Kartini menyebut salah satu

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :    SMP Muhammadiyah 2 Kalasan
Mata Pelajaran           :    Biologi
Kelas/Semester            :   VIII (Delapan)/ 2
Pertemuan                   :    1
Alokasi Waktu             :    2 x 40 Menit

Standar Kompetensi   :    2.   Memahami Sistem dalam Kehidupan

Kompetensi Dasar       :    2.1 Mengidentifikasi Struktur & Fungsi Jaringan tumbuhan

I.     Indikator                 :    - Menjelaskan pengertian jaringan pada tumbuhan
-   Menjelaskan perbedaan jaringan pada tumbuhan
II.  Tujuan                    :    - Siswa dapat menjelaskan pengertian jaringan pada       tumbuhan  
-  Siswa dapat menjelaskan perbedaan jaringan pada tumbuhan melaui gambar dengan tepat
                                           (nilai yang            ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,       Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri,Berorientasi tugas dan hasil.

III.             Materi Ajar
Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan
·         Pengertian jaringan
·         Pembagian jaringan
IV.             Metode Pembelajaran
·         Model Kooperatif (STAD, Student Team Achivment Division)
·         Ceramah- Diskusi-Tanya jawab

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati macam jaringan pada tumbuhan
·        Diskusi mengenai perbedaan jaringan pada tumbuhan
·     Siswa menjelaskan jaringan pada tumbuhan
( Tes tertulis dalam bentuk uraian)

V.           Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x 40 Menit)
                    i.          Kegiatan awal (20 menit)
1.      Guru memberikan salam
2.      Guru menanyakan kabar peserta didik
3.      Guru mengabsen peserta didik
4.      Guru memberikan apersepsi terkait materi yang akan disampaikan
(Guru bertanya kepada siswa ” Sebelumnya sudah pernah belajar organisasi kehidupan? Nah unit terkecil dari organisasi kehidupan adalah sel , sel ini akan berkumpul membentuk apa? ... jaringan yah )
5.      Guru menyampaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar materi yang akan diajarkan, serta indikator yang hendak dicapai

                  ii.            Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa memeperhatikan penjelasan yang disampaikan guru
·         Siswa mengamati gambar yang ditampilkan guru
·         Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi memecahkan masalah

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru meminta siswa  mempersentasikan hasil diskusinya didepan kelas
·         Siswa yang lain diperbolehkan bertanya pada presentator

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
·         Siswa menyelesaikan soal tes yang diberikan oleh guru

                iii.            Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
·         Guru memberikan nasehat pada peserta didik
·         Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam

VI.             Media, Alat/Bahan/Sumber
Media                    : Charta
Alat/ Bahan           : Spidol dan papan tulis
Sumber                  : Buku
·                Karim, Saiful dkk. 2008. Belajar IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departement Pendidikan Nasional
·                Puspita, Diana dkk. 2009. Alam sekitar IPA Terpadu. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·                Syamsuri, Istamar dkk. 2005. Sains Biologi SMP. Malang: Erlangga

VII.          Penilaian

Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Pengetahuan
Penugasan
Tugas disekolah yang dikerjakan secara individu




PENILAIAN  TES URAIAN

Indikator soal
Soal
Kunci Jawaban
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian jaringan
Apa yang dimaksud jaringan ?

Jaringan adalah kumpulan  dari beberapa sel

Peserta didik dapat menyebutkan  jumlah  jaringan pada tumbuhan
Ada berapa jaringan pada tumbuhan ?.Sebutkan !

Jaringan pada tumbuhan terdiri dari 5, diantaranya jaringan meristem , jaringan pelindung, jaringan pengangkut,  jaringan penyokong, jaringan dasar.

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan penyokong
Apa fungsi jaringan penyokong?

Jaringan ini berfungsi sebagai penguat atau penyokong tumbuhan.

RUBRIK PENILAIAN

No
Aspek
Skor
1.
- Penjelasan tepat
- Penjelasan kurang tepat
- Penjelasan tidak tepat
3
2
1
Penilaian  pengetahuan untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus berikut:

           



Mengetahui
Guru Mata pelajaran




Valestien Aiva Rahma. S. Pd
NIP/NIK.                                                                  
Sleman, 08 Maret 2016
Mahasiswa Magang III



Darnia
NIM: 613005

                                   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :    SMP Muhammadiyah 2 Kalasan
Mata Pelajaran           :    Biologi
Kelas/Semester            :    VIII (Delapan)/ 2
Pertemuan                   :    1
Alokasi Waktu             :    2 x 40 Menit

Standar Kompetensi   :    2.   Memahami Sistem dalam Kehidupan

Kompetensi Dasar       :    2.1 Mengidentifikasi Struktur & Fungsi Jaringan tumbuhan

I.     Indikator                 :    - Menjelaskan pengertian jaringan pada tumbuhan
-   Menjelaskan perbedaan jaringan pada tumbuhan
II.  Tujuan                    :    - Siswa dapat menjelaskan pengertian jaringan pada       tumbuhan  
-  Siswa dapat menjelaskan perbedaan jaringan pada tumbuhan melaui gambar dengan tepat
                                           (nilai yang            ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,       Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri,Berorientasi tugas dan hasil.

III.             Materi Ajar
Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan
·         Pengertian jaringan
·         Pembagian jaringan
IV.             Metode Pembelajaran
·         Model Kooperatif (STAD, Student Team Achivment Division)
·         Ceramah- Diskusi-Tanya jawab

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati macam jaringan pada tumbuhan
·        Diskusi mengenai perbedaan jaringan pada tumbuhan
·     Siswa menjelaskan jaringan pada tumbuhan
( Tes tertulis dalam bentuk uraian)

V.           Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2x 40 Menit)
                    i.          Kegiatan awal (20 menit)
1.      Guru memberikan salam
2.      Guru menanyakan kabar peserta didik
3.      Guru mengabsen peserta didik
4.      Guru memberikan apersepsi terkait materi yang akan disampaikan
(Guru bertanya kepada siswa ” Sebelumnya sudah pernah belajar organisasi kehidupan? Nah unit terkecil dari organisasi kehidupan adalah sel , sel ini akan berkumpul membentuk apa? ... jaringan yah )
5.      Guru menyampaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar materi yang akan diajarkan, serta indikator yang hendak dicapai

                  ii.            Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa memeperhatikan penjelasan yang disampaikan guru
·         Siswa mengamati gambar yang ditampilkan guru
·         Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi memecahkan masalah

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru meminta siswa  mempersentasikan hasil diskusinya didepan kelas
·         Siswa yang lain diperbolehkan bertanya pada presentator

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
·         Siswa menyelesaikan soal tes yang diberikan oleh guru

                iii.            Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
·         Guru memberikan nasehat pada peserta didik
·         Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam

VI.             Media, Alat/Bahan/Sumber
Media                    : Charta
Alat/ Bahan           : Spidol dan papan tulis
Sumber                  : Buku
·                Karim, Saiful dkk. 2008. Belajar IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departement Pendidikan Nasional
·                Puspita, Diana dkk. 2009. Alam sekitar IPA Terpadu. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·                Syamsuri, Istamar dkk. 2005. Sains Biologi SMP. Malang: Erlangga

VII.          Penilaian

Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Pengetahuan
Penugasan
Tugas disekolah yang dikerjakan secara individu




PENILAIAN  TES URAIAN

Indikator soal
Soal
Kunci Jawaban
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian jaringan
Apa yang dimaksud jaringan ?

Jaringan adalah kumpulan  dari beberapa sel

Peserta didik dapat menyebutkan  jumlah  jaringan pada tumbuhan
Ada berapa jaringan pada tumbuhan ?.Sebutkan !

Jaringan pada tumbuhan terdiri dari 5, diantaranya jaringan meristem , jaringan pelindung, jaringan pengangkut,  jaringan penyokong, jaringan dasar.

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan penyokong
Apa fungsi jaringan penyokong?

Jaringan ini berfungsi sebagai penguat atau penyokong tumbuhan.

RUBRIK PENILAIAN

No
Aspek
Skor
1.
- Penjelasan tepat
- Penjelasan kurang tepat
- Penjelasan tidak tepat
3
2
1
Penilaian  pengetahuan untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus berikut:

           



Mengetahui
Guru Mata pelajaran




Valestien Aiva Rahma. S. Pd
NIP/NIK.                                                                  
Sleman, 08 Maret 2016
Mahasiswa Magang III



Darnia
NIM: 613005